We Just We Are MPK

"We Are Different, To be Better"

Kamis, 04 Februari 2016

PENDIDIKAN POLITIK MELALUI PILKAOS


PILKAOS


MPK SMA N 1 Kendal menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS (Pilkaos) periode 2015-2016. Pemilihan diselenggarakan di lapangan tengah sekolah pada hari Jumat, 28 Agustus 2015.

MPK sudah bekerja sejak Kamis sore untuk mempersiapkan tempat pemungutan suara. Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditata sedemikian rupa layaknya TPS pada pemilu legislative. Ada tiga kotak suara dan 10 tempat pencoblosan yang dipinjam dari KPU Kendal ditempatkan di dalam TPS.

Ketua MPK, Rayhan Kenandi Eka Putra (XI MIPA 2.2) menyampaikan laporan bahwa panitia sudah bekerja maksimal dan berharap pemilihan Ketua OSIS baru ini dapat menghasilkan Ketua OSIS yang dapat membawa organisasi siswa ini maju. Dia juga berharap siswa SMA N 1 Kendal berpartisipasi aktif dengan dating ke TPS, mencoblos dan dimohon tidak golput, apalagi berkampanye golput.

Kepala Sekolah, Sunarto, S.Pd.M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa pemilihan Ketua OSIS ini adalah pendidikan politik yang baik di sekolah. “Anak-anak berlatih memilih pemimpin secara demokratis,” katanya. Setiap anak berhak menyalurkan hak politiknya dengan langsung dan rahasia. Dukungan siswa sangat menentukan masa depan OSIS setahun yang akan datang. Kepala sekolah juga memberikan apresiasi atas kinerja MPK selaku KPU.

Menurut Ketua Panitia Pilkaos, Andhika Bagus Prastya (XI MIPA 4.1) dalam pilkaos ini terdapat empat kandidat Ketua OSIS, yaitu R. Nanda Samsuseno Putra (X MIPA 2), Septian Dwi Nugroho (XI IPS 1.1), Johannes Trialfarindzi (XI MIPA 3), dan Elang Suryandaru (XI MIPA 4.1). Keempat kandidat tersebut sudah mengikuti tahapan penjaringan dan seleksi, serta debat terbuka.

Debat terbuka telah dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Agustus 2015 di lapangan tengah. Para kandidat memaparkan visi dan misinya, kemudian menjawab pertanyaan juri yang terdiri atas Rita Nuraeni, S.Pd.M.Pd., Tri Istini, S.Pd., dan Malik Ridwan Fauzi, S.Pd. Dalam debat tersebut, siswa dapat menilai kandidat dari sisi kecerdasan berkomunikasi, kepemimpinan, dan keluasan wawasannya.

Proses pencoblosan dimulai dari kelas X MIPA 1 dilanjutkan kelas-kelas lain. Petugas dari MPK menjemput ke kelas yang dijadwalkan. Pencoblosan selesai pukul 11.00 WIB kemudian setelah salat Jumat dilanjutkan dengan penghitungan suara. Penghitungan suara selesai pukul 15.00 WIB. Hasil penghitungan adalah sebagai berikut: R. Nanda Samsuseno (100 suara), Septian Dwi Nugroho (145 suara), Johannes Trialfarindzi (472 suara), Elang Suryandaru (269 suara), dan suara tidak sah 75.

Akhirnya OSIS SMA N 1 Kendal telah mempunyai ketua OSIS periode 2015-2016, yaitu Johannes Trialfarindzi. (BJ/H2)

0 komentar:

Posting Komentar